Klik Judul Post Untuk Membaca Lebih Lengkap
Klik tombol play di kiri bawah untuk memutar lagu pilihan di minggu ini

Rabu, 28 Oktober 2015

Cara Install Ticketing System Menggunakan HESK di XAMPP

 
Setelah kemarin kita belajar bagaimana menginstall XAMPP, kali ini gw akan memberi tutorial lagi yang lebih awful yaitu menginstall ticketin system melalui xampp sebagai databasenya. Kebetulan aja gw lagi mood untuk menggunakan sebuah aplikasi Ticketing System bernama HESK.

  Sebelum gw kasih tahu apa itu HESK, gw akan kasih tau dulu bahwa HESK itu masuk dalam kategori aplikasi HELPDESK berbasis web. Aplikasi helpdesk adalah aplikasi manajerial untuk membantu menangani kebutuhan atau keluhan customer atau user dalam kaitannya dengan pertanyaan, layanan, dukungan teknis, atau komplain mengenai produk dan jasa tertentu dengan memanfaatkan sistem penomoran (ticketing) untuk memudahkan penelusuran terhadap tindakan penyelesaian yang dikoordinasikan oleh tim. Jadi kurang lebih aplikasi helpdesk adalah aplikasi customer service dah.



 Gimana? sudah ngerti kan? Well, gw akan langsung aja kasih tau gimana cara install HESK. Ingat ya. hanya install. Kalau mau tau cara penggunaannya, silahkan aja tulis pesanmu di komentar atau di kotak saran dan pertanyaan di sebelah kanan. Okay gak perlu lama-lama lagi, beginilah cara installnya.

( Sumber




    • Buka web browser mu lalu ketikan, localhost/phpmyadmin. Pada page awal, pilih kategori database 



    • Setelah itu, buatlah sebuah database sesuai dengan nama yang kalian inginkan. Saran gw sih, yang mudah diingat aja. Disini gw pakai ticket_db . ticket_db menandakan bahwa gw sedang membuat ticketing system dan db nya adalah singkatan dari database. Biar gak lupa aja :p





    • Setelah database berhasil dibuat, buatlah sebuah user untuk mengakses database tersebut. Klik icon rumah dibawah banner phpmyadmin dan masuk ke kategori user dan buatlah sebuah user baru dengan akses full. Disini saya menggunakan user boss yang sudah saya buat



    • Download terlebih dahulu HESKnya disini. Setelah download extract HESKnya kedalam folder directoryinstall( C atau D)/xampp/htdocs. Rename folder hesk yang sudah terextract tadi menjadi ticket. kalau gak mau, harus mau! ntar gw jelasin.





    • Sekarang buka web browser, dan ketikan localhost/ticket/install/install.php . localhost itu adalah folder di htdocs dan ticket adalah folder dari extract-an HESK dan install>install.php adalah sebuah file bernama install berformat php yang terkandung didalam folder install. Sekarang tahu kan skrng kenapa gw suruh rename jadi ticket? :p .  Back to browser, sekarang klik YES, I Agree.



    • Selamat, HESK sudah selesai terinstall. Dan step terakhir yang kamu lakukan adalah hapus folder install di xampp/htdocs/ticket dan buka lagi homepage HESK dengan mengetikkan localhost/ticket .






    0 komentar: